Tarikh

1. Rasululloh s.a.w.,berkata : “Kalian telah membaiatku atas dasar taat dan setia ; siap berinfaq disaat kekurangan ; sanggup melaksanakan amr ma`ruf dan nahi mungkar.

12 Nama orang naqib:
(pemimpin yang bertanggung jawab atas rakyatnya )

*Dari Khazraj

1. Abu Umamah As’ad bin Zararah
2. Sa`ad bin ar rabi`in amr
3. `Abdullah bin rawwahah
4. Rafi` bin malik bin al-ijlan
5. Al barra bin ma`rur
6. Abdullah bin amr bin haram
7. `Ubadah bin as-shamit bin qais
8. Sa`ad bin `Ubadah
9. Al- mundzir bin `Amr

*Dari Aus
10. Usaid bin hudhair dari bani `abdul- asyhal
11. Sa`ad bin khaitsamah bin al harist
12. Rifa`ah bin abdul mundzir bin zubair

Lalu rasululloh s.a.w., berpesan kepada 12 orang naqib agar menanggung jawabkan agar setiap kaumnya selamat dari kaum kafir quraisy.

2. Karena di Makkah banyak orang yang mengancam dan ingin membunuh rasululloh s.a.w.,dan para sahabat rasul, lalu rasululloh pun ingin hijrah ke madinah, karena kota madinah merupakan tempat paling cocok dan paling baik bagi hijrah rasululloh s.a.w., dan para sahabatnya. Mereka bermukim disana dan menetap hingga Islam menjadi kuat dan terus melangkah maju mengislamkan seluruh daerah semenanjung Arabia, dan pada gilirannya berhasil mengislamkan negeri- negeri lain.

3. Pada malam menjelang hijrah rasululloh s.a.w., melaksanakan petunjuk ilahi yang dibawakan malaikat jibril a.s. Beliau mempersiapkan segala sesuatunya sedemikian rupa hingga tidak diketahui oleh pemuda-pemuda musyrikin quraisy yang ditugasi mengepung tempat kediaman beliau.


Di tengah malam gelap gulita rasululloh s.a.w., meninggalkan rumah pergi menuju rumah abu bakar ash- shidiq hendak bersama – sama berangkat menuju ke goa tsaur, untuk bersembunyi beberapa waktu untuk menghindari kejaran kaum quraisy mengetahui bahwa rasululloh s.a.w., telah meninggalkan makkah mereka mengumumkan sayembara: “ Barang siapa yang dapat menangkap dan mengembalikan Muhammad ke makkah ia akan menerima hadiah 100 ekor Unta” .